Wednesday 4 February 2015

Komisioning Radio unit sarana



Pada tanggal 31.03.2014 sampai tanggal 02.05.2014 saya selalu melakukan komisioning radio baik sendiri,dengan teman atau dengan karyawan yang ada di INSTRUMEN KM 64.komisioning Radio adalah suatu aktivitas atau pengecekan Radio yang dilakukan 3 bulan sekali pada unit sarana seperti ELF,SARANA,dan BUS.

Untuk Melakukan Komisioning Radio caranya tidak sulit yaitu hanya memerlukan alat sebagai berikut :
  • Alat yang digunakan yaitu :
1.      Laptop
2.      Connector
  • Bahan yang digunakan yaitu :
1.      Apps CPS (untuk radio GM3688 dan GM 338)
2.      Apps CPSC (untuk radio gm 3388)
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan apakah Radio masih layak di pakai atau radio tersebut mengalami kerusakan misalnya daya tangkap sinyalnya lemah atau pengiriman suaranya saat PTT nya ditekan suaranya tersendat sendat.
Dalam melakukan kegiatan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti keselamatan keja. Memakai APD pada saat bekerja karna sangat penting untuk melindungi diri kita pribadi dari kecelakaan kerja yang tidak disengaja. Adapun beberapa langkah keselamatan kerja yang perlu diperhatikan :
  1. Berdo’a sebelum melakukan kegiatan atau pekerjaan.
  2. Mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  3. Mengecek alat dan bahan yang akan digunakan.
  4. Menggunakan alat dan bahan sesuai dengan fungsinya.
  5. Boleh bercanda tergantung suasana ke adaan lingkungan misal sopirnya yaman di ajak bicara kadang – kadang apabila hanya diam saja suasana menjadi kaku jadi untuk lebih hidup untuk hiburan semata saja.
  6. Merapikan alat yang telah digunakan. 


Adapun langkah-langkah kerja yang harus di perhatikan dalam merakit lampu TL sebagai berikut :
  1. Siapkan alat yang akan digunakan.
  2. Melakukan pengecekan terhadap yang akan digunakan pastikan daya bateray laptop masih banyak.
  3. Buka Apps nya tergantung Radio yang akan di Komisioning.
  4. Setelah itu akan ada di suruh untuk memasukkan Password.
  5. Apabila Radio tersebut milik PT.PAMA maka radio tersebut akan dapat di read dan kalau bukan dari PT.PAMA maka tidak akan dapat melakukan komisioning radio.
  6. Apabila saat ingin melakukan komisioning Radio Laptop maupun Notebooknya tidak ada maka kita dapat melihat serial number nya di balik radio tersebut maka radio terpaksa di lepas.
  7. Dan untuk mengetahui berapa id nya pada radio yang dilakukan komisioning maka kita harus memerlukan 2 buah radio.misal ada 2 mobil GA 003 dan GA 007 kan di masing masing unit terdapat 1 buah radio dan channel nya harus di sama akan setelah itu coba tekan PTT nya yang ada di salah satu unit sarana maka di unit sarana lainnya akan muncul id nya.
  8. Setelah itu salinlah serial number dan id nya ke form yang telah di sediakan.
  9. Apabila Formnya habis minta Print akan di Mba.Risa
  10. Setelah di salin maka kita meminta tanda tangan kepada GL yang ada di INSTRUMEN KM 64 misal: Mas.Zainal dan Mas.Tetra
  11. Kalau sudah selesai di tanda tangani lalu berikanlah Form tadi ke Driver yang sarana nya di lakukan komisioning tadi.
  12. Dan Kegiatan di lakukan berulang-ulang sampe sebulan kira-kira jumlah semua unit yang di komisioning ada 300 lebih.

Kesimpulan  :

Jadi, kesimpulan yang dapat saya ambil dari kegiatan ini adalah pastikan Radionya di hidupkan dulu sebelum melakukan komisioning radio karena laptopnya tidak akan dapat membaca kalau radionya mati walaupun connector nya sudah terhubung

No comments:

Post a Comment