Friday, 6 March 2015

STRATEGI MENGERJAKAN LISTENING & READING UN BAHASA INGGRIS SMK

A. BENTUK SOAL
     Bentuk soal ujian nasional Bahasa Inggris pilihan ganda ( multiple
      choice ) dengan jumlah soal 50 butir yang terdiri dari dua bagian ,
      yaitu :
     1. Listening Comprehension sejumlah 15 butir soal, terdiri dari 3
         soal diskripsi gambar, 4 soal question response, 4 soal dialog
         pendek dan 4 soal artikel – artikel pendek.
     2. Reading comprehension sejumlah 35 butir soal , terdiri dari
        10 soal melengkapi dialog, 10 soal error recognition dan 15
        soal pemahaman bacaan.

B. MATERI SOAL :
    1. Greeting , mampu memilih salam sesuai dengan waktu dan
        keperluan.
    2. Introduction, memperkenalkan diri / memperkenalkan orang
        lain.
    3. Describing, mendiskripsikan benda, orang, situasi, proses.
    4.  Degree of comparasion, membandingkan dua atau lebih benda,
        orang atau situasi.
   5. Guest handling, penanganan tamu / pelanggan secara langsung
       atau lewat telepon.
   6. Imperative, kalimat perintah, larangan, permintaan, arahan.
   7. Offering, menawarkan suatu produk pada pambeli/ pelanggan.
   8. Agreeing, menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan dan
       responnya.
   9. Ordering, pemesanan terhadap suatu barang atau jasa.
   10. Giving suggestion, opinion and advice ,memberi saran ,
         pendapat dan nasehat ,menerima dan menolak saran,
         pendapat dan nasehat.
   11. Ability, kemampuan.
   12. Permision, meminta ijin dan responnya.
   13. Possibility, kemungkinan.
   14. Necessity, keharusan.
   15. Thank giving, ucapan terima kasih.
   16. Invition, menyampaikan undangan.
   17. Congretulation, memberi ucapan selamat dan balasannya.
   18. Present / past continouos , bentuk sedang berlangsung.
   19. Simple present tense, kegiatan sehari – hari.
   20. Present / past perfect tense, kegiatan yang masih
         berlangsung.
   21. Future tense, yang akan datang.
   22. Simple past tense, berulang di waktu lampau.
   23. Conditional clause, kalimat pengandaian
   24. Relative Pronoun, kata ganti sambung


SKL BAHASA INGGRIS UNAS 2009/2010
A. LISTENING SECTION
    PICTURE terdiri dari 3 item soal
    1. Location of things
    2. On going activities
    3. Describing people / event

    QUESTION RESPONSE terdiri dari 4 item soal
    1. Giving sugestion
    2. Preference
    3. Invitation
    4. Giving direction

   SHORT DIALOGUE/SHORT CONVERSATION
   terdiri dari 4 item soal
  1. Introduction
  2. Daily activities
  3. Planning
  4. Degrees of comparation

  SHORT TALKS terdiri dari 4 item soal
   1. Monologe radio commercial
   2. Announcement

B. READING SECTION INCOMPLETE DIALOGUE 10 soal
    1. Hobby and interest
    2. Handling guess / telephone
    3. Past event
    4. Invitation
    5. Giving praise
    6. Complaint
    7. Giving suggestion
   8. Conditional sentence
   9. Agreement / disagreement
  10.Giving direction
  11.Daily activities
  12.Ordering
  13.Possibility
  14.Capability

ERROR RECOQNATION 10 soal
  1. Degrees of comparation
  2. Adj clause / Relative Pronoun
  3. Persuasion / bargaining
  4. Physical appearance
  5. Asking permission
  6. Stating feeling

READING COMPREHENSION 15 soal
  1. Bussines letter
  2. Diagram / Table
  3. Work experience
  4. Procedure
  5. Describing things

C. TAKTIK MENGERJAKAN Soal UAN mata diklat Bahasa Inggris terbagi jadi 2 bagian yaitu :
Soal listening comprehension sebanyak 15 butir soal , terdiri dari :
Part I : Photographs sebanyak 3 soal
Part II : Question – Response sebanyak 4 soal
Part III : Short conversation sebanyak 4 soal
Part IV : Short talk sebanyak 4 soal
Soal Reading comprehension sebanyak 35 butir soal, terdiri dari :
Part V : Sentence completion sebanyak 10 soal
Part VI : Error recoqnition sebanyak 10 soal
Part VII : Short reading sebanyak 15 soal

PHOTOGRAF
Dalam bagian ini, terdapat 3 soal gambar hitam putih yang melukiskan fakta sehari hari. Satu atau dua gambar memperlihatkan kegiatan orang dan yang lain berupa objek benda. Kemudian anda akan diperdengarkan empat pernyataan ( a, b, c dan d )untuk masing masing gambar dan anda diminta memilih pernyataan yang paling akurat menggambarkan isi gambar tersebut. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah melihat dan mencermati masing masing gambar, sehingga ketika dibacakan kalimat – kalimat masing – masing soal anda sudah punya modal pemahaman terhadap setiap gambar .

Keterampilan yang diperlukan pada bagian ini adalah :
  1. Kemampuan menangkap dan mengenterprestasikan gambar
      dengan cepat.
  2. Kemampuan memahami pernyataan lisan dan membandingkan
      dengan apa yang dilihat dalam gambar.
  3. Kemampuan membedakan antara kata kata dengan
     bunyi – bunyi yang hampir sama.

Taktik yang diperlukan
  1. Selalu menandai jawaban anda secepat anda dapat sehinga
      anda segera dapat melihat gambar berikutnya.
      Anda tidak harus menunggu pembaca soal ( speaker ) untuk
      melihat gambar berikutnya.
  2. Jika anda melihat gambar suatu benda, tanyakan pada diri anda
      hal hal sbb :
      Ini benda apa ?
      Di mana biasanya benda ini ada / dilihat ?
      Benda tersebut terbuat dari apa ?
  3 Jika anda melihat kegiatan orang , tanyakan pada diri anda
     hal hal sbb :
     Apa yang sedang mereka lakukan ?
     Apa yang mereka pakai ?
     Di mana mereka melakukan kegiatan tersebut ?
     Bagaimana ekspresi wajahnya ?
     Jika terdapat lebih dari satu orang, apa yang membedakan
     mereka ?
     Apakah yang satu lebih tinggi dari yang lain ?
     Apakah yang satu memakai topi, jaket, dasi sementara yang
     lain tidak ?
     Apakah dia laki – laki atau perempuan ?
4. Jangan pernah menjawab sebelum keempat pernyataan selesai
    dibaca semua.
    Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A,
    jika anda pikir itu jawaban yang paling
    tepat. Lakukan hal yang sama untuk ( B ), C), atau ( D ).
    Jika anda berubah pikiran setelah mendengar
    lebih banyak pilihan, pindahkan ujung pencil anda
    ke jawaban pengganti. Kemudian setelah anda
    mendengar keempat kalimat, hitamkan jawaban di mana ujung
    pensil anda berada. Teknik ini menghindarkan anda dari
    kelupaan pada jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
5 Cobalah untuk mengurangi kemungkinan jawaban salah
    dengan teknik pembeda bunyi ( sound confusion ) dan
    pembeda makna.
    Beberapa kalimat sama sekali tak ada kaitannya
    dengan gambar.
6 Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
    Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
   jawaban yang benar, berspekulasilah.
7. Jangan terpancang memandangi photo terlalu lama ,
   walau gambarnya seorang gadis yang sangat cantik,
   atau pria yang berwajah tampan, setelah menemukan
   jawaban yang benar segera pindah ke gambar pada
   soal berikutnya.

SHORT QUESTIONS
Pada bagian ini, dibacakan pertanyaan dan diikuti tiga pilihan jawaban.
Pertanyaan maupun jawaban tidak ditulis dalam soal.
Jadi tidak ada sesuatu dalam soal kecuali perintah “ Mark your answer in your answer sheet “, sehingga ini betul – betul tes listening yang sesungguhnya.
Maka ketika mengerjakan bagian ini, naskah soal di kesampingkan saja dulu.
Seorang pembaca naskah ( speaker ) mengenalkan soal dengan membaca nomor soal, kemudian speaker kedua ( bisa laki – laki atau perempuan ) membacakan naskah soal dan speaker ke tiga ( laki laki ) membacakan pilihan jawabannya.
Sehingga urutannya :
Suara Pria     : membaca nomor soal
Suara wanita : membaca soal Suara
Pria               : membaca pilihan jawaban Atau
Suara wanita : membaca nomor soal
Suara pria : membaca soal
Suara wanita : membaca pilihan jawaban Ada dua jenis kalimat pertanyaan, yaitu Yes no question dan information question ( wh question ).
Yes no question, sesuai dengan namanya kalimat pertanyaan ini dapat dijawab dengan yes atau no.
Tentu, jawaban bisa ”Maybe” atau “ I don’t know” atau yang semacam. Dalam kenyataan dalam test, jawaban yang benar jarang yang merupakan bentuk singkat seperti “ Yes. I do “ atau “ No. He was not “.
Dalam tes TOEIC , pertanyaan bentuk yes no question ini jumlahnya berkisar 30 %. Information question atau WH Question, menanyakan informasi tertentu yang kalimatnya dimulai dengan kata tanya , misal :
Who Who took this picture ?
Whose Whose apartement is this ?
When Whe does the sales meeting start ?
Where Where is your dress ?
Why Why did you call her ?
Which Which of these shoes do you like better ?
What What are you doing now ?
What time is it ?
How How did you get job ?
How many persons will you invite ?
Jumlah soal wh question ini kerang lebih 40 %.
Other types of questions Sekitar 30 % pertanyaan yang anda dengar di bagian ini bukan bentuk yes no question maupun information question, tetapi merupakan bentuk – bentuk seperti berikut :
Alternative question*
Which do you prefer, coffee or tea ?
Did you wear your black suit or you blue one to theinterview ?
Indirect question
Can you tell me if this is the City Hall Building ?
Do you know where these files should be stored ?
Tag question
That wasn’t too difficult, was it ?
You have a master’s degree, don’t you ?
This is your camera, right ?
Negative question : Don’t you want this story ?
Hasn’t he finished the report yet ?
Wasn’t that a delicious meal ? *)
Jawaban untuk alternative question biasanya nama dari salah satu alternative yang ada, misal :
“ Coffee, please “ kopi saja “
I’d prefer tea “ Saya lebih suka the “ Either one “ Salah satu saja, terserah “ Neither one, thank “ Nggak usah lah “ Both, please “ Keduanya tetapi jawaban Yes atau No bukan jawaban yang tepat untuk jenis pertanyaan ini. “ Function “ questions Beberapa pertanyaan di bagian ini merupakan fungsi bahasa tertentu.
Fungsi in meliputi membuat saran (suggestion ),
penawaran ( offer ),
permintaan ( request ) dan melakukan undangan ( giving invitation ).
Banyak dari jenis function question ini yes no question tapi
beberapa merupakan tipe lain.
Suggestion Why don’t you try using this tool ?
Shouldn’t we take a taxi ?
Have you ever thought of opening your own business ?
Offers May I get you something to drink ?
Would you like me to take you to the airport ?
Request Would you step over here for a moment, Mr. David ?
Could you look over this letter before I send it ?
Invitation Woul you care to play tennis Saturday ?
Do you want to join us for lunch ?
Dan Lain – lain.
Ketrampilan yang diperlukan pada bagian ini :
1. Kemampuan membedakan jenis – jenis pertanyaan secara lisan
    ( information question, yes no question, alternative question,
    suggestion offers dan lain – lain )
    Kemampuan mengenal respon sesuai dengan tipe pertanyaannya.
2. Kemampuan membedakan kata-kata yang bunyinya
    hampir sama.
    Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
    Karena tidak ada teks soal maupun jawaban pada lembar soal,
   maka pusatkan perhatian pada suara dari tape recorder / CD player.
3. Cobalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan.
    Respon yang benar biasanya tergantung pada jenis pertanyaan
    yang ditanyakan. Jangan pernah menjawab sebelum keempat
    pernyataan selesai dibaca semua.
    Ketika penyataan dibaca, letakkan ujung pencil pada jawaban A,
    jika anda pikir itu jawaban yng paling tepat. Lakukan hal yang
    sama untuk ( B ), atau ( C). Jika anda berubah pikiran
    setelah mendangar lebih banyak pilihan, pindahkan ujung
    pencil anda ke jawaban pengganti.
    Kemudian setelah anda mendangar ketiga respon,
    hitamkan jawaban dimana ujung pensil anda berada.
   Teknik ini menghindarkan anda dari kelupaan pada
   jawaban mana yang anda anggap paling tepat.
4. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
   Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
   jawaban yang benar, berspekulasilah.

SHORT DIALOGUE
Dalam test bagian ini, anda diuji kemampuan pamahaman dialog singkat dalam Bahasa Inggris antara dua orang. Format dari dialog ini dapat digambarkan sebagai berikut :
Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “ atau
Woman : “ Kalimat …….. “
Man : “ Kalimat …….. “
Woman : “ Kalimat …….. “
Di lembar soal terdapat satu pertanyaan setiap dialog dengan empat (4) pilihan jawaban ; a , b, c dan d. yang harus anda jawab berdasar isi dialog tersebut.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus sudah
    membaca dan mencermati pertanyaan soal pertama dan
   keempat pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan
   dialog anda sudah punya modal pemahaman terhadap apa
   yang akan ditanyakan .
2. Setiap dialog akan dibacakan dua kali, usahakan anda dapat
   menjawab pada saat dialog selesai dibaca yang pertama,
   sehingga ketika dialog dibaca untuk yang kedua kalinya,
   anda bisa membaca pertanyaan soal berikutnya beserta
   keempat pilihan jawabannya.
    Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan,
    apakah , what, who, when, why, where, how, how long dll.
   Dengan mengetahui apa yang ditanyakan, anda bisa
    memfokuskan dalam mencari informasi dari dialog tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari dialog tersebut.
    Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu analisa
    mengenai siapa yang sedang berdialog, di mana mereka,
   apa yang sedang mereka kerjakan dan apa hubungan
   mereka.
5. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
   Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu jawaban
   yang benar, berspekulasilah.

SHORT TALKS
Dalam bagian ini akan disajikan beberapa short talk atau monolog ( pembicaraan pendek) secara monolog. Setiap short talk diikuti dua atau tiga pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang anda dengar.
Short talk atau monolog ini dapat berupa advertisment ( iklan ), announcement ( pengumuman ), telepon massage, briffing di tempat kerja dan sebagainya.
Taktik untuk mengerjakan soal pada bagian ini :
1. Ketika dibacakan “ direction “ , maka anda harus
    sudah membaca dan mencermati pertanyaan soal soal
    yang bersangkutan dengan short talk tersebut dan keempat
    pilihan jawabannya, sehingga ketika dibacakan
    monolog anda sudah punya modal pemahaman terhadap
    apa yang akan ditanyakan .
2. Setiap monolog akan dibacakan dua kali, usahakan anda
    dapat menjawab pada saat monolog selesai dibaca yang
     pertama, sehingga ketika monolog dibaca untuk yang
     kedua kalinya, anda bisa membaca pertanyaan soal untuk
     monolog berikutnya beserta keempat pilihan jawabannya.
     Begitu seterusnya.
3. Tentukan kata tanya yang dipakai, apa yang ditanyakan,
    apakah , what, who, when, why, where, how,
    how long dll. Dengan mengetahui apa yang ditanyakan,
    anda bisa memfokuskan dalam mencari informasi dari monolog
    tersebut.
4. Cobalah untuk membayangkan, setting dari monolog
    tersebut.
    Hal ini akan membantu anda dalam membuat suatu
   analisa mengenai siapa yang sedang berbicara,
   di mana monolog itu dibacakan, untuk siapa monolog itu
   ditujukan dan untuk keperluan apa .
5. Jangan pernah meninggalkan jawaban kosong.
   Semua soal harus dijawab, jika sama sekali tidak tahu
    jawaban yang benar, berspekulasilah.

SARAN : Ketika anda mengerjakan soal UNAS dengan Lembar Jawab Komputer ( LJK ), untuk menjawab pada bagian listening cukup memberi tanda pada jawaban a atau b atau c nya saja dulu, sedang untuk mengaksir dan menghitamkan jawaban dapat anda lakukan di luar sesi listening atau pada sesi reading comprehension. Hal ini dimaksudkan supaya waktu tidak banyak terbuang, hanya untuk mengaksir jawaban dan kehilangan kesempatan untuk menyimak soal soal berikutnya.
Trima kasih,
sumber:http://aanpujiyonotimorenti.blogspot.com/2010/12/strategi-mengerjakan-un-bahasa-inggris.html

No comments:

Post a Comment