Thursday 20 April 2017

Pengisian Data Simpadu



Simpadu : Aplikasi sejuta Manfaat


Simpadu atau Sistem Informasi Terpadu merupakan aplikasi yang berisi data-data penting Mahasiswa dan Dosen baik data berupa nilai, kehadiran maupun yang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan pengisian simpadu menjadi kegiatan rutin dan wajib dilakukan oleh Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin.

Dalam simpadu sendiri terdapat beberapa unsur, yang pertama unsur akademik seperti nilai, kehadiran, perkuliahan. Kemudian ada unsur Simpeg atau sistem informasi kepegawaian seperti data-data kepegawaian, pangkat dan sebagainya. Kemudian ada juga data P2M tentang penelitian.

“Tujuan simpadu sesuai dengan perkembangan zaman semakin banyak orang menggunakan komputer jadi bagaimana dengan komputer semua serba cepat. Jadi singkatnya tujuan simpadu adalah mempercepat proses informasi dan pendataan di Poliban.” Jelas Bapak Agus Setiyo Budi N, ST., M.Kom.

Dalam pengisian simpadu awalnya Mahasiswa hanya dianjurkan membawa NIM (Nomor Induk Mahasiswa), namun di tahun 2016 ini Mahasiswa diwajibkan membawa persyaratan lainya, seperti Kartu Keluarga(KK), Akte Kelahiran, dan Ijazah SMA/SMK/sederajat. Perubahan seperti ini tentu saja menimbulkan pro dan kontra dikalangan Mahasiswa. Banyak mahasiswa yang mendukung , namun tidak sedikit juga yang menganggap perubahan ini hanya membuat mahasiswa kesulitan.

Menanggapi keluhan dari mahasiswa yang kontra, Bapak Agus pun menjelaskan bahwa sebenarnya perubahan ini bertujuan kearah yang jelas dan positif. “Semua berawal dari pemerintahan, ada perturan dari kementerian bahwa  UPT TIK bertanggung jawab mendata mahasiswanya berdasarkan IP nasional yang biasanya terdapat pada Kartu Keluarga (KK), SIM, KTP dan sebagainya. Data tidak bisa terekam di Fieder jika hanya menggunakan NIM, karena hal itulah mereka meminta agar setiap mahasiswa membawa Kartu Keluarga karena didalam Kartu Keluarga tersebut memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan).”

Beliau mengatakan bahwa sesuatu yang awalnya mudah menjadi sulit itu memang membuat orang menjadi sulit juga, tapi jika yang sulit itu dijalani dia akan menjadi mudah. Beliau juga berharap dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan simpadu ini mahasiswa bisa dengan mudah untuk mendapatkan informasi, baik seputar akademik maupun yang lainnya. Kemudian mahasiswa bisa memberikan feedback kepada UPT TIK berupa saran dan masukan sehingga kedepannya bisa lebih baik lagi.

“Harapan kedepannya dari kami sendiri (UPT TIK) ingin pemerintah itu mudah-mudahan ……….nya sejahtera jadi anggaran dana dan infrastruktur itu menjadi lebih mudah karena setiap tahunnya  infrastruktur kampus perlu diremajakan.” Tambah beliau.

No comments:

Post a Comment